Bursakota.co.id, Anambas – Masyarakat keluhkan sinyal komunikasi di tiga Kecamatan Palmatak, Kute Siantan dan Siantan Tengah, kurang lebih empat hari hilang sinyal, Minggu (06/03/2022).
Berbicara permasalahan sinyal di Kabupaten Kepulauan Anambas ini sepertinya tidak pernah kunjung habis, karena bisa dikatakan hampir seluruh Desa yang berada di tiga Kecamatan Palmatak, Kute Siantan dan Siantan Tengah tersebut mengalami ganguan sinyal atau bisa dikatakan hilang sinyal total (SOS).
Padahal seluruh Desa yang berada di Tiga Kecamatan tersebut barada sangat dekat dengan Tower Base Transceiver Station (BTS) sebagai penyedia layanan jaringan saluler, dan kondisi ini sudah berlangsung selama 4 hari sejak dari Kamis, (03/03) lalu.
Dengan keadaan yang seperti itu, membuat masyarakat mengeluh, dikarenakan sinyal pada masa sekarang merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu warga Desa Ladan, yang berprofesi sebagai kurir di salah satu jasa pengiriman di Desa Palmatak, Sapik, mengatakan, keluhannya terkait dengan kondisi saat ini dengan hilang sinyal tentu tidak bisa berkomunikasi, dikerenakan sepenuhnya pekerjaannya tergantung dari memanfaatkan sinyal sebagai untuk berkomunikasi dengan para penerima barang.
“Saya kan Kurir bang, ndok (tidak) ade sinyal ya tak bise keje, nak hubungi pemilik barang atau siapapun ndok (tidak) bise karena tak ade sinyal,” katanya dengan logat bahasa daerah.
Hal serupa juga disampaikan oleh Nita, salah satu warga Desa Candi yang mengalami kendala sama hilangnya sinyal, selain ibu rumah tangga dirinya juga memanfaat sinyal sebagai tambahan uang, dengan berjualan online. Dengan kejadian seperti ini tentu merasakan dampaknya, tidak bisa berjualan online serta susah untuk berkomunikasi dengan customernya.
“Saya tetap terasa dampaknya, selain tidak bisa berjualan online lagi, saya juga susah untuk berkomunikasi, dan bukan saya saja yang merasakan ini, warga yang lain juga pasti sama,” ucapnya.
Sementara itu, Customer service Telkomsel telahenerima laporan terkait denga permsalah yang ada dan akan melanjutkan informasi yang di berikan kepada pihak Network dengan menunggu kabar maksimal 72 jam.
“Terkait kendala tidak ada sinyal, udah dibantu pelaporan ke tim network. Dimohon menunggu proses maksimal 72 jam,” jelas Pihak Telkomsel melalui CS, Erina.(Jun).