
Buton Tengah – Penjabat (PJ) Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide, menyambut baik hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024 yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara.
Penyerahan hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik ini di serahkan langsung oleh kepala Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Mastri Susilo yang di terima langsung oleh PJ Bupati Buton Tengah Kostantinus Bukide di Kantor Ombudsman Sultra, Kendari Pada hari Rabu 05/03/2025
Dalam serahterima tersebut di hadiri langsung oleh perwakilan instansi pemerintah Kabupaten Buton Tengah yang ikut di nilai,termasuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil),Dinas Kesehatan,Dinas Pendidikan, Dinas Sosial juga beberapa Puskesmas di wilayah kabupaten Buton Tengah
Dalam keterangannya Mastri Susilo menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan publik, meskipun penilaian tidak di lakukan setiap tahun. Ia mengingatkan bahwa penilaian ini bukanlah tujuan akhir melainkan sebagai bahan evaluasi untuk terus berbenah.adanya pengaduan berulang terhadap instansi tertentu menunjukkan adanya kekurangan yang perlu di perbaiki.
“Kamu menyampaikan kualitas pelayanan publik untuk terus di tingkatkan meskipun penilaian ini tidak di lakukan setiap tahun namun,perlu kami ingatkan adanya pengaduan yang berulang kali terhadap instansi tertentu olehnya itu evaluasi yang perlu di perbaiki” Ujar Mastri
Lebih lanjut, Kepala Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara itu menegaskan komitmen pelayanan publik harus tetap di prioritaskan meskipun di daerah terdapat efisiensi Anggaran.
Merespon hal itu PJ Bupati Buton Tengah Kostantinus Bukide menyatakan merespon positif terhadap hasil penilaian tersebut
Ia menegaskan bahwa hasil penilaian tersebut akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan di daerahnya.
“Kami sangat mengapresiasi penilaian dari Ombudsman Sultra. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan perbaikan dan evaluasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Buton Tengah,” ujar Kostantinus Bukide.
Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Buton Tengah berkomitmen untuk meningkatkan standar pelayanan, terutama dalam sektor-sektor strategis seperti administrasi kependudukan, perizinan, dan layanan kesehatan agar lebih optimal.
Hasil penilaian pelayanan publik ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, efektif, dan berpihak pada kepentingan masyarakat.
Laporan : Haris