Siswa SDIT Al – Madani Berguru Langsung Ke Produsen Tempe

0
201

Bursakota.co.id, Lingga – Sebanyak 17 orang siswa kelas III/Usman Bin Affan SDIT Al – Madani Lingga mendatangi salah satu produsen tempe dan tahu yang berlokasi di Kampung Cening Daik Lingga, Senin (15/03/2021).

Menurut Wahyu Puji Hastiningrum, selaku guru kelas, yang mendampingi anak-anak, kedatangan mereka terkait pemantapan tema pembelajaran yang baru diajarkan kepada para siswa kelas III/Usman bin Affan.

“Tema teknologi dengan sub tema teknologi pangan”, tutur Ustazah Ayu, panggilan akrab anak-anak.

Lebih jauh Ayu menjelaskan, dengan belajar langsung ke lapangan, secara tidak langsung anak-anak mendapatkan multi pendidikan, misalnya bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain yang notabene lebih tua, pendidikan keberanian mereka mengeluarkan pendapat (bertanya), pendidikan pentingnya mempunyai skill dalam kehidupan, pendidikan wirausaha, pendidikan kesungguhan dalam mencari rizki dan lain-lain,”ucapnya.

Alumni FMIPA UNRI itu juga menuturkan, dengan sistem pembelajaran fieldtrip ini diharapkan menjadi long memory bagi anak-anak ketika mempelajari sesuatu.

Di sela-sela mempraktikkan cara membuat tempe dan tahu, Mas Nardi bersama Istrinya, mbak Suci terlihat antusias dan sabar melayani pertanyaan yang muncul secara refleks dari para siswa. Salah seorang siswa, Safira Khaira Ummah menanyakan kenapa setelah dicetak, tahu perlu direndam, para siswa terlihat penasaran dengan cara membuat tempe,

Sehingga ada juga terlihat siswa yang memegang dan mencoba menggunakan peralatan yang digunakan untuk membuat tahu dan tempe tersebut.

Sekitar jam 10.30 WIB para siswa kembali lagi ke sekolah sambil menenteng oleh-oleh tahu yang sudah disiapkan oleh Mas Nardi bersama istri.

Laporan : Iwan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini