Optimalisasi Layanan Kesehatan di Wilayah Terpencil, Bupati Natuna Serahkan Ambulans dan Kendaraan Dinas ke Puskesmas Pulau Tiga Barat

0
105
Ket Foto : Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyerahkan satu unit mobil ambulans dan satu unit kendaraan dinas roda dua (Puskesmas Keliling) kepada Puskesmas Pulau Tiga Barat (Pultibar) pada Kamis (29/08/2024).

Natuna – Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan di wilayah terpencil, Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyerahkan satu unit mobil ambulans dan satu unit kendaraan dinas roda dua (Puskesmas Keliling) kepada Puskesmas Pulau Tiga Barat (Pultibar) pada Kamis (29/08/2024).

Kegiatan penyerahan berlangsung di halaman Puskesmas Kecamatan Pulau Tiga Barat, di Semalau, Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat.

Mobil ambulans ini diserahkan untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kecamatan Pulau Tiga Barat, terutama sebagai sarana transportasi penunjang untuk merujuk atau mengantar pasien dari rumah ke fasilitas kesehatan.

Sedangkan sepeda motor Puskesmas Keliling diperuntukkan untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada masyarakat di daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa.

Sebelum menyerahkan bantuan, Bupati Wan Siswandi dan rombongan mengunjungi dan menyapa masyarakat sekitar. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa kunjungan kerja ke Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat bertujuan untuk bersilaturahmi serta menyerahkan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Bantuan ambulans ini adalah bentuk kepedulian dari kami untuk masyarakat,” ujar Bupati Siswandi.

Ia menekankan bahwa perhatian pemerintah daerah terhadap kesehatan masyarakat tidak hanya terbatas di wilayah pulau-pulau, tetapi juga hingga ke luar daerah.

“Contohnya rumah singgah Pemda Natuna di Kota Batam dan biaya kesehatan yang kami gratiskan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Natuna. Ini adalah contoh nyata akan kepedulian kami kepada masyarakat,” jelasnya.

Namun, Bupati Wan Siswandi juga menyadari adanya kekurangan dalam pelaksanaan pemerintahan.

“Kami selalu mencoba meminimalisir kekurangan tersebut dengan langkah kerja nyata, salah satunya adalah memberikan bantuan mobil ambulans ini,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Bupati berpesan agar mobil ambulans yang telah diserahkan dapat digunakan dengan baik sesuai peruntukannya.

“Jaga dengan baik, pergunakan dengan baik untuk kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Kecamatan Pulau Tiga Barat,” tutupnya.

Camat Pulau Tiga Barat, Junaidi, turut mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan mobil ambulans ini yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Dulu, untuk membawa masyarakat yang sakit ke puskesmas, kami menggunakan tosa. Alhamdulillah, hari ini kami diberikan bantuan mobil ambulans,” ucapnya.

Ia menambahkan, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan di wilayahnya ini diharapkan sejalan dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami tak bisa berhenti mengucapkan Alhamdulillah dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sangat peduli dengan kami masyarakat di pulau-pulau,” lanjutnya.

Junaidi juga berharap agar bantuan serupa terus berlanjut dan berkesinambungan, guna mewujudkan peningkatan kesehatan di Kecamatan Pulau Tiga Barat.

“Semoga bantuan-bantuan seperti ini terus berlanjut sehingga peningkatan kesehatan di Kecamatan Pultibar bisa terwujud,” tutupnya.

Editor: Papi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini