DPRD Buton Tengah Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan HUT RI Ke-79

0
33
Ket Foto : Suasa saat mendengarkan siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI.

Bursakota.co.id, Buton Tengah – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara, bersama Pemerintah Daerah Buteng mengelar rapat paripurna dalam rangka mendengar pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024, berlangsung di Aula Rapat Kantor DPRD, Jum’at (16/8/2024).

Rapat paripurna ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Buton Tengah, Bobi Ertanto, Wakil Ketua I Adam, berserta jajaran Anggota DPRD. Dari unsur pemerintah, Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, H.Kostantinus Bukide, Sekda La Saripi, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, para camat, lurah, kepala desa se-Kabupaten Buton Tengah, dan tamu undangan lainnya.

Megawali sidang paripurna Ketua DPRD, Bobi Ertanto, menyampaikan sambutan dan ucapan terimakasih atas kedatangan semua pihak dalam undangan menghadiri agenda pokok mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam menyambut HUT RI ke-79.

Kemudian pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Buton Tengah, H.Kostantinus Bukide, menyampaikan sambutan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Kostantinus dalam pidatonya menyampaikan bahwa esok hari tanggal 17 Agustus 2024, Insya Allah kita akan kembali memperingati hari bersejarah yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun.

“Pada momentum ini menjelang peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan bagi segenap Bangsa Indonesia untuk menundukkan hati dan pikiran mengucap syukur ke hadirat Allah SWT, seraya melakukan perenungan akan apa yang telah, sedang dan akan kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini,” ucap Pj Bupati mengawali sambutannya.

HUT kemerdekaan tahun ini, lanjutnya, diharapkan semakin hari Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, sejahtera, aman dan bermartabat sesuai cita-cita kemerdekaan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Untuk itu, marilah perjuangan menggapai kemerdekaan yang telah tercatat dalam sejarah, kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah.

Lanjut ia menyampaikan, Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” adalah tema yang dipilih untuk menggambarkan transisi yang terjadi di 2024 yakni kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa.

Tema ini juga mencerminkan semangat, kebulatan tekad dan harapan Bangsa Indonesia untuk terus melangkah maju menuju masa depan Republik Indonesia yang lebih cerah pasca suksesnya perhelatan agenda Pemilu dan hadirnya Ibu Kota Negara masa depan yakni Nusantara Baru.

“Perkenankan saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Buton Tengah untuk ikut mengambil peran dan tanggung jawab dalam mengisi dan melunasi janji kemerdekaan dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat khususnya di Kabupaten Buton Tengah untuk terus berkembang di berbagai aspek ekonomi, sosial, maupun teknologi pada saat ini dan di masa depan,” ungkapnya.

Salah satu langkah nyata yang harus dilakukan oleh seluruh komponen di Buton Tengah, yakni mendukung berbagai program nasional, provinsi dan pemerintah kabupaten serta menjaga stabilitas keamanan daerah serta merawat Empat Pilar Bangsa Indonesia yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945 dan NKRI.

“Seperti halnya agenda nasional pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan hadir di depan mata. Olehnya itu, saya berpesan mari kita sama-sama merewat demokrasi yang ada, biarkan semuanya berjalan sesuai jalurnya, baik itu ASN pegang teguh semangat netralitas, penyelenggara Pemilu silahkan tunaikan tugas sebaiknya-baiknya, masyarakat tetap tenang dan jangan terprovokasi oleh berita yang kebenarannya diragukan apalagi memecah bela persatuan. Ingatlah kebersamaan dan keluarga lebih utama,” pesannya.

Terakhir menambahkan, menyampaikan rasa terimakasih kepada para perintis kemerdekaan Indonesia, kepada Anggota DPRD Buton Tengah atas kebersamaan selama ini dalam membangun negeri tercinta Buton Tengah, serta ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan HUT kemerdekaan di Buton Tengah.

“Selamat memperingati HUT RI ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 untuk seluruh lapisan masyarakat Buton Tengah. Mari terus lanjutkan gontong-royong, kolaborasi dan sinergitas demi mengapai cita-cita kemerdekaan,” tutupnya. (Adv)

Laporan : Hari Sabar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini