Peserta Kemah Besar Pramuka Natuna Berkunjug ke Mako Lanal Ranai

0
16
Ket Foto : Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Ranai menerima kunjungan istimewa dari peserta Kemah Besar (Kemsar) Pramuka Kabupaten Natuna pada Selasa (13/8/2024).

Natuna – Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Ranai menerima kunjungan istimewa dari peserta Kemah Besar (Kemsar) Pramuka Kabupaten Natuna pada Selasa (13/8/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Perkemahan Besar yang diadakan dalam rangka peringatan HUT Pramuka ke-63.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman, menyambut kedatangan 40 peserta Kemsar Pramuka beserta 3 orang pendamping dengan hangat.

Rombongan yang terdiri dari siswa-siswi Pramuka tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ini disambut langsung oleh pucuk pimpinan Lanal Ranai beserta para Perwira Staff Lanal Ranai.

Dalam sambutan dan pembekalannya, Kolonel Maman Nurachman mengungkapkan rasa bangganya atas kunjungan tersebut.

“Saya merasa bangga atas kunjungan ini, karena Pramuka adalah salah satu organisasi yang membentuk pemuda berkarakter, kreatif, dan berakhlak baik,” ujar Kolonel Maman yang merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 44.

Beliau juga menambahkan, “Saya bisa menjadi Prajurit TNI AL salah satunya karena saya pernah menjadi bagian dari Gerakan Pramuka saat SMA. Banyak manfaat yang saya dapat dari kegiatan Pramuka. Maka dari itu, saya selalu bangga terhadap Pramuka, dan saya berharap adik-adik menekuni kegiatan Pramuka ini dengan baik. InsyaAllah, kalian akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dari kegiatan ini.”

Selama kunjungan, Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Lanal Ranai memberikan penjelasan mengenai Satuan Karya (Saka) Bahari, sebuah organisasi Pramuka yang dibina oleh TNI AL, khususnya Lanal Ranai.

Kunjungan dilanjutkan ke Pos TNI AL (Posal) Penagi, di mana para peserta diberi kesempatan untuk mengenal lebih dekat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh Lanal Ranai, seperti Kapal TNI AL (KAL) Pulau Bungaran dan KAL Sengiap.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama di atas geladak kapal patroli tersebut serta di dermaga Posal Penagi. Para peserta tampak antusias memperhatikan penjelasan tentang kapal dari Komandan KAL Sengiap, Kapten Laut (P) Putut Darmawan, serta Dan KAL Pulau Bungaran, Letda Laut (P) Noor Rudianto.

Kunjungan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Kapasitas Kepramukaan Kabupaten Natuna, yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga. Program ini diikuti oleh 168 peserta dari berbagai SMA di wilayah Natuna.

Kegiatan yang terpusat di Sport Center Air Mulung, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur ini dimulai pada 11 Agustus dan akan berakhir pada puncak perayaan Hari Pramuka ke-63 pada 14 Agustus 2024.

Editor : Papi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini