KOARMADA I Dukung Suksesnya Natuna Geopark Fishing 2024

0
27
Ket Foto : Komando Armada (KOARMADA) I melalui Gugus Tempur Laut (GUSPURLA) dan Pangkalan TNI AL (LANAL) Ranai mendukung penuh pelaksanaan Natuna Geopark Fishing 2024, sebuah perlombaan mancing tradisional yang diadakan di Laut Natuna Utara pada Sabtu (27/07/2024).

Bursakota.co.id, Natuna – Komando Armada (KOARMADA) I melalui Gugus Tempur Laut (GUSPURLA) dan Pangkalan TNI AL (LANAL) Ranai mendukung penuh pelaksanaan Natuna Geopark Fishing 2024, sebuah perlombaan mancing tradisional yang diadakan di Laut Natuna Utara pada Sabtu (27/07/2024).

Acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (DISPARBUD) Natuna ini melibatkan 191 peserta yang terbagi dalam 57 tim. Ini merupakan event pertama kali di Natuna, dan DISPARBUD Natuna bekerja sama dengan Natuna Dive Resort, KOARMADA I (GUSPURLA & LANAL Ranai), serta berbagai instansi terkait dan asosiasi pemancing.

Staf Ahli Kasal, Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, dan Koarmada I melalui Guspurla dan Lanal Ranai turut mendukung penuh kegiatan ini. “Bapak Panglima memerintahkan kami untuk mendukung penuh,” ujar Danguspurla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Muhammad Taufik. Koarmada I menyiapkan dua KRI, KRI Patimura dan KRI Wiratno, yang disiagakan selama lomba berlangsung.

Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman, juga memberikan dukungan dengan menurunkan sarana patroli seperti Pos TNI AL (Posal) Penagi dan membentuk tim pengamanan yang menggunakan 1 KAL, 1 Combatboat, dan 1 Searider untuk mengamankan area mancing seluas 15 x 20 mil.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi, yang menembakkan flare ke udara sebagai tanda dimulainya lomba. Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada TNI AL dan semua pihak yang mendukung acara ini.

“Ini juga salah satu kegiatan yang mempererat jalinan silaturahmi antar pemancing, masyarakat, dan kita semuanya,” kata Bupati Natuna.

Danguspurla Koarmada I membacakan pesan Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono, yang mengajak untuk menjaga kelestarian lingkungan Laut Natuna demi keberlanjutan manfaatnya bagi generasi mendatang.

Pemenang Natuna Geopark Fishing 2024

Lomba dimulai setelah peserta melaksanakan sholat subuh dan berakhir pada sore hari pukul 17.00 WIB. Pemenang lomba diumumkan saat acara Gala Dinner dengan hasil sebagai berikut:

1. Kategori Kelas Profesional :
– Tim Ranai Squad
– Tim Kodim 0318/Natuna

2. Kategori Kelas Tradisional :
– Tim Pora
– Tim Idola
– Tim Tumang Tingek

3. Juara Harapan :
– Tim Pulau Sambok
– Tim Buaya

4. Kategori Kapten/Kru Terbaik Kelas Profesional : Topan (Tim Ranai Squad)

5. Kategori Kapten/Kru Terbaik Kelas Tradisional : Mustakim (Tim Pora)

6. Kategori Tangkapan Spesial : Belut Morai, Tim Bujang Lagak

Para pemenang menerima uang pembinaan, trofi, dan penghargaan. Pembukaan dan penutupan Natuna Geopark Fishing 2024 juga dihadiri oleh Wakil Bupati Natuna, Rodhiul Huda, Sekda Natuna, dan jajaran Forkopimda Natuna. Dengan tingginya animo peserta, Pemda Natuna berencana menjadikan acara ini sebagai ajang tahunan.

Editor : Papi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini