Cabjari Natuna di Tarempa Gelar Upacara Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64

0
49
Ket Foto : Kepala Cabjari Natuna di Tarempa Niky Junismero memimpin upacara peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke - 64

Bursakota.co.id, Anambas – Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa melaksanakan Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024.

Giat tersebut berlangsung di Pelabuhan Desa Putik, Kecamatan Palmatak Senin (22/07/2024), di ikuti oleh seluruh jajaran Cabjari Natuna di Tarempa beserta Nelayan tempatan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Cabjari Natuna di Tarempa Niky Junismero mengatakan, 22 Juli merupakan hari yang sakral bagi insan adhyaksa di Indonesia. Yang mana pada hari ini diperingati sebagai hari atas pengabdian Kejaksaan Republik Indonesia.

“Melalui sejarah yang cukup panjang, kejaksaan bertransformasi menjadi institusi paling berpengaruh terutama dalam penegakan hukum yang humanis,” katanya.

“Dengan mengusung tema peringatan yaitu, “Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”, Kacabjari Tarempa berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam penegakan hukum yang modern dan berkeadilan,” tambah Kacabjari Natuna di Tarempa Niky.

Di tahun ini, bukan tanpa alasan dalam melaksanakan Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024, Cabjari Natuna di Tarempa melakukan hal yang berada hal itu berdasarkan dari data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa profesi nelayan menjadi pekerjaan mayoritas masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas dengan jumlah 3.781 orang.

Pada Kesempatan ini pula, selesai melaksanakan upacara Hari Bhakti Adhyaksa, Kacabjari Tarempa juga memberikan pelayanan hukum serta pengecekan kesehatan kepada para nelayan.

Sesuai dengan mottonya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan, Kacabjari Tarempa menyadari bahwa kelompok nelayan menjadi subjek yang rentan terhadap minimnya perlindungan hukum. Karakteristik nelayan terutama di kawasan perbatasan perlu mendapatkan atensi lebih.

Gangguan dan ancaman dari pihak-pihak luar, pencegahan terhadap tindakan merusak lingkungan serta perlindungan terhadap hak-hak nelayan dalam meningkatkan kualitas hidupnya menjadi konsentrasi Kacabjari Tarempa.

Hal ini tentunya selaras dengan instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia yang menekankan penegakan hukum berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Kacabjari Tarempa berharap momentum ini menjadi fondasi inovasi pelayanan publik “Jaksa Menyapa Nelayan” sebagai dukungan menuju Indonesia Emas 2045.(Bk/Jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini