Desa Air Putih Menjadi Sasaran Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

0
98
Ket Foto : Pemerintah Kecamatan Siantan Timur, bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Siantan Timur menggelar kegiatan intervensi serentak pencegahan Stunting di Desa air putih

Bursakota.co.id, Anambas – Kali Ini Desa air putih menjadi sasaran intervensi serentak pencegahan Stunting yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Siantan Timur, bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Siantan Timur, Sabtu (08/06/2024).

Hal serupa juga yang di berikan oleh pemerintah Kecamatan Siantan Timur kepada Desa Air Putih yang di mana sebelumnya Desa Serat menjadi desa pertama dalam kegiatan intervensi serentak pencegahan Stunting.

Pelaksana harian (Plh) Camat Siantan Timur Arpandi, menyebutkan, untuk hari kedua ini pihaknya memilih Desa Air Putih sebagai lanjutan untuk kegiatan intervensi serentak pencegahan Stunting mengingat Desa ini wilayahnya sengat luas dan dusunnya juga terbilang jauh.

“Kita pilih desa air putih ini karena itu tadi wilayahnya juga luas, terus ada salah satu dusunnya yang lumayan jauh dari pusat desa,” ucapnya.

“Dan kita juga terpaksa membagi dua tim, yang satu di pusat Desanya dan satu lagi di dusun Etang,” tambah.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan untuk hari kedua ini sampa dengan kegiatan di hari sebelumnya, yang mana dalam kegiatan tersebut dari pihak kecamatan dan Puskesmas memberikan pemahaman tentang dalam upaya mencegah terjadinya stunting.

“Pada intinya kita bersama pihak Puskesmas Siantan Timur tidak henti-hentinya memberikan pemahaman kepada masyarakat terkhusus di hari ini yaitu desa Air putih tentang mengenal gizi yang baik bagi ibu hamil dan balitanya,” jelas Arpandi.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, selain memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Air putih, dalam kesempatan itu juga di salur bantuan makanan tambahan buat anak-nak serta dan tablet penambah darah untuk Calon pengantin.

“Selain memberikan Edukasi tentang pencegahan stunting, catin pra nikah, cara mengukur dan menimbang yang benar,nutrisi gizi bagi ibu hamil dan balita, kita juga memberikan paket susu, vitamin kepada ibu hamil dan anak-anak serta tablet penambah dara bagi calon pengantin yang akan terus berkelanjutan,” ungkapnya.

“Harapan saya melalui kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting ini, agar masyarakat terhindar dari stunting dan lebih meningkatkan pola asuh terhadap anak-anaknya dan tidak kalah pentingnya semoga anak-anak di Desa Air Putih ini sehat semua bebas stunting,” harap Plh. Camat Siantan Timur Arpandi

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir kepala UPT Puskesmas Siantan Timur, Kapospolsektor Siantan Timur, Para bidan, ahli gizi, perawat Puskesmas Siantan Timur, PKK Siantan Timur dan seluruh ibu hamil, balita dan catin( calon pengantin) Desa Air Putih.(BK/Jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini