Open Base di Lanud RSA Natuna Disambut Antusias Masyarakat Hingga Pelajar

0
113
Ket Foto : Kegiatan Open Base di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, pada Kamis (7/12/2023), menjadi magnet bagi ratusan warga, pelajar, dan mahasiswa Kabupaten Natuna.

Bursakota.co.id, Natuna – Langit Natuna di ujung utara NKRI dipenuhi dengan suara mesin pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU yang multiperan dan berkecepatan supersonik saat melintas di udara.

Kegiatan Open Base di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, pada Kamis (7/12/2023), menjadi magnet bagi ratusan warga, pelajar, dan mahasiswa Kabupaten Natuna.

Pesawat tempur F-16, salah satu kebanggaan TNI AU, menarik perhatian dengan kecepatan dan kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Kehadirannya selalu menjadi sorotan utama dalam acara penerbangan.

Masyarakat Natuna berkesempatan melihat secara langsung pesawat tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Helikopter AS-332 C1e Super Puma TNI AU dari Skadron Udara 6, Lanud Atang Sendjaja, Bogor, dan Alutsista Oerlikon Skyshield dari Denhanud 477 Kopasgat Natuna.

Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han, Komandan Lanud Raden Sadjad, menjelaskan bahwa kegiatan Open Base merupakan bagian dari patroli di wilayah udara Indonesia dan menjadi ajang untuk meningkatkan minat cinta dirgantara bagi pelajar dan warga Natuna.

“Open Base adalah bentuk sosialisasi peran TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI dan juga mendukung peningkatan minat pelajar terhadap bidang kedirgantaraan,” ungkapnya.

Danlanud RSA berharap kegiatan ini dapat menginspirasi para pelajar untuk tertarik pada bidang kedirgantaraan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Antusiasme masyarakat Natuna sangat tinggi, terlihat dari banyaknya warga yang memadati area open base Lanud RSA.

Pembagian doorprize berupa merchandise eksklusif seperti topi, gantungan kunci, dan stiker dengan gambar pesawat TNI AU menjadi daya tarik yang disambut antusias oleh para pengunjung.

“Senang bisa melihat pesawat TNI AU secara langsung. Ini pengalaman pertama kali saya masuk di Lanud,” kata Setya, seorang pelajar yang turut serta dalam kegiatan Open Base di Lanud RSA.

Open Base juga melibatkan murid-murid Sekolah TK Angkasa Lanud RSA, yang berkesempatan berfoto bersama pilot di depan pesawat TNI AU.

Stand bazar dari berbagai unit dan instansi turut meramaikan acara ini dengan penampilan Puskopau Lanud RSA, PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud RSA, Skadron Udara 52, Satrad 212 Ranai, Denhanud 477 Kopasgat, Basarnas, serta UMKM Warga Masyarakat Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M.Si, dan Sekda Natuna Wijanarko Varianto, SE, beserta jajaran Forkopimda Natuna memberikan dukungan penuh terhadap acara yang bertujuan mengedukasi dan memperkenalkan peran TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI ini.

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini