Kabar Gembira, Pemkab Lingga Anggarkan Pembangunan Jalan di Desa Linau Tahun 2024

0
126
Ket Foto : Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga, Selamat, S PI, M. IP

Bursakota.co.id, Lingga – Kabar gembira bagi masyarakat Desa Linau, Kecamatan Lingga Utara, Pasalnya mulai tahun Anggaran APBD 2024, Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga telah mempersiapkan anggaran untuk pembangunan akses jalan di Desa Linau, Kecamatan Lingga Utara.Kabupaten Lingga.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga, Selamat, S PI, M. IP menyampaikan bahwa, dari perencanaan telah ada beberapa proritas pembangunan pada tahun 2024, terutama inprastruktur jalan khusus di pulau Lingga, ada beberapa yang menjadi proritas untuk inprastruktur jalan, termasuk jalan Desa Linau melalui dana APBD dan DAK Sabtu (02/12/2023).

Selamat menggatakan, Kalau untuk dana APBD, Pemerintah Daerah telah proritaskan untuk peningkatan akses jalan Linau, jalan Linau itu sudah dimasukan dalam anggaran APBD murni 2024 dan bahkan sudah di ketok palu oleh DPRD Kab Lingga dan sekarang sudah dalam evaluasi Gubernur.

“Sehingga kita berharap dengan adanya pembenahan ini walaupun belum maksimal cuma dari anggaran ini akan di lakukan beberapa tahapan paling tidak dengan dimulainya peningkatan jalan di Linau, kita juga akan mensondingkan lagi melalui anggaran DAK dan Inpres, untuk tahun kedepannya,”terang Selamat.

Dan untuk lebih lanjut, kata Selamat, untuk teknis kerja, itu dari kawan-kawan teknis dinas PUTR, karena mungkin ada beberapa langkah inisiasi yang akan menjadi uji coba dijalan Linau karena jalan Linau yang belum busa semuanya dj aspal dan itusebagaian masih berstatus propinsi dan sebagian sudah diserahkan kepada kabupaten.

“Untuk peningkatan aspal dengan anggaran lebih kurang 2 Miliar, dan sisanya itu untuk yang jalan tanah akan di lakukan pemeliharaan yg dan secara teknis itu akan di lakukan oleh dinas PUTR Lingga,” ungkapnya.

Ia mengaku, sejauh ini pemerintah Daerah telah berupaya dan memaksimalkan pembangunan inprastrur terutama jalan, dan akan melihat dimana akan di proritaskan, akan dibangun dan bahkan yang belum tersentuh terhadap pembangunan jalan.

Kendati demikian, Selamat menyebut sejauh ini bukan akses jalan di Desa Linau saja yang akan di bangun pada tahun 2024, bahkan ada lagi peningkatan jalan di tugu kastulis tiwa, ini megunakan Dana DAK.

“Untuk Peningkatan Jalan tugu kastulis tiwa itu megunakan dana DAK. Kalau untuk pembenahan jalan di Mentuda itu menggunakan anggaran APBD, dan ada beberap ruas jalan di pulau singkep dan Kepulauan Posek sama dengan jalan di Linau pada tahun anggaran sama di 2024,”tutur dia.

Tambah Selamat menegaskan, sejauh ini pemerintah Daerah telah berupaya dan memaksimalkan dimana proritaskan yang akan dibangun yang belum tersentuh terhadap pembangunan jalan.

“Kita tekan sekali lagi, Sejauh ini pemerintah Daerah berkomitmen dan pokus kepada pembangunan inprastruktur baik itu pembangunan jalan dan Infrastruktur lainnya baik itu melalui APBD, APBD Propinsi, APBN, DAK serta dinas Teknis PUTR berupaya juga melalui dan INPRES,”pungkas Selamat.(Bk/Iwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini