Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba Harus Menjadi Perhatian Bersama

0
110
Ket Foto : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar Sosialisasi Pencegahan dan pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Dengan Tema Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bunguran Timur Laut, Desa Tanjung, Kabupaten Natuna pada Senin (27/11/2023).

Bursakota.co.id, Natuna – Peredaran gelap dan bahaya Narkotika harus menjadi perhatian dari seluruh kalangan, terutama bagi generasi muda.

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar Sosialisasi Pencegahan dan pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Dengan Tema Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar.

Kegiatan berlangsung di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bunguran Timur Laut, Desa Tanjung, Kabupaten Natuna pada Senin (27/11/2023).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Helmi Wahyuda dan dihadiri oleh perwakilan OPD, Camat, Kepala Sekolah, Karang Taruna dan Siswa SMAN 1 Bungtimla.

Dalam sambutannya, Helmi Wahyuda menyampaikan membangun bangsa yang baik tanpa keterlibatan dari masyarakat adalah suatu keniscayaan.

Oleh karenanya perlu peran serta semua pihak dalam memberikan perlindungan bagi generasi muda khususnya para pelajar dari pengaruh yang bersifat merusak seperti penyalahgunaan narkoba.

“Dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, sinergitas antar pemangku kepentingan harus diutamakan,” paparnya.

Menurut Helmi Wahyuda, permasalahan Narkotika merupakan permasalahan bersama, bukan hanya tanggung jawab Badan Narkotika Nasional (BNN) ataupun pemerintah daerah semata.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah hadir hari ini, artinya kita sudah ikut terlibat untuk melaksanakan salah satu rencana aksi nasional yang tertuang dalam Inpres no 2 tahun 2020,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Helmi Wahyuda, Kabupaten Natuna secara geografis berbatasan langsung dengan negara-negara luar yang tentunya dirasa menjadi wilayah potensial peredaran narkoba antar negara mendorong generasi muda terutama para pelajar untuk mewujudkan Kabupaten Natuna menjadi kabupaten bersih narkoba dengan cara melakukan pencegahan dimulai dari lingkungan sekolah, keluarga, kantor dan masyarakat.

“Hal ini dapat dilihat bahwa pemerintah Kabupaten Natuna cukup konsen dan serius dalam memerangi persoalan Narkoba,” lugasnya.

Untuk itu, melalui kegiatan ini ia berharap dapat menjadi Pioner dalam mensosialisasikan terkait bahaya penggunaan Narkotika baik dilingkungan sekolah maupun ditengah pergaulan masyarakat.

“Kepada para peserta ikuti acara ini dengan baik karena akan memberikan manfaat serta menimbulkan niat dan motivasi diri untuk turut serta memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba di Natuna,” tutupnya.

Sementara Sekretaris Camat Bunguran Timur Laut, Gunawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Bakesbangpol karena sudah melaksanakan kegiatan ini di wilayahnya.

Ia juga menekankan kepada seluruh pelajar di Kecamatan Bunguran Timur Laut khususnya dan Kabupaten Natuna pada umumnya agar jangan pernah mencoba atau terpikirkan untuk menggunakan Narkoba.

“Generasi muda yang baik bukanlah mereka yang suka mencoba-coba apalagi hal-hal negatif, untuk itu pesan saya jangan pernah terbesit di pikiran adik-adik untuk mencoba atau bermain dengan Narkoba ini karena akan merugikan diri sendiri, keluarga bahkan hingga ke lingkungan,” tutupnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi bahaya penyalahgunaan Narkoba yang disampaikan oleh Narasumber dari Polres Natuna, Ravi Kumar.(Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini