Pasien Meningkat dan Mesin Terbatas, Jadi Kendala Layanan Cuci Darah di RSUD Natuna

0
84
Ket Foto : Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda, meninjau layanan cuci darah di RSUD Natuna pada 14 November 2023

Natuna – Pelayanan cuci darah di RSUD Natuna mengalami kendala karena peningkatan jumlah pasien cuci darah yang melebihi kapasitas mesin yang ada.

Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda, meninjau RSUD Natuna pada 14 November 2023 dan menyampaikan bahwa fasilitas cuci darah hampir over kapasitas karena tingginya antrean dan error pada beberapa mesin cuci darah.

Rodial Huda menyebutkan bahwa pasien cuci darah di Natuna semakin meningkat, namun fasilitas cuci darah terbatas dan beberapa mesin mengalami gangguan.

Akibatnya, beberapa pasien tidak mendapatkan pelayanan dengan optimal.

Pemerintah berencana untuk meningkatkan kapasitas layanan Hemodialisa RSUD Natuna dengan opsi penambahan mesin melalui kerjasama dengan pihak eksternal dan mendapatkan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR).

Ket Foto : Salah mesin pencuci darah milik RSUD Natuna

Direktur RSUD Natuna, dr. Ari Fajarudi, membenarkan kondisi tersebut dan menyatakan bahwa mesin yang ada telah mengalami kendala, sementara jumlah pasien terus bertambah.

RSUD Natuna berencana menambah mesin cuci darah untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pasien.

Keterbatasan mesin cuci darah menjadi masalah serius, terutama karena kebutuhan pasien yang semakin meningkat.

RSUD Natuna Provinsi Kepri

Sementara menurut salah seorang Dokter di RSUD Natuna, yang enggan disebutkan namanya, menjelaskan bahwa mesin yang ada mulai mengalami kerusakan dan tidak dapat lagi menampung semua kebutuhan pasien.

Dokter yang juga terlibat dalam layanan cuci darah, mengungkapkan kekhawatiran akan berkurangnya pelayanan yang dapat berujung pada risiko kesehatan serius bagi pasien.

Pihak RSUD berharap dapat menemukan solusi darurat terkait peningkatan kapasitas mesin cuci darah guna memenuhi kebutuhan pasien yang semakin meningkat.(Bk/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini