Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Raih Penghargaan Terbaik dalam Pengadaan Barang dan Jasa

0
84
Ket Foto : Penghargaan prestisius ini diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2023 dengan tema "Transformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju," yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa, 7 November 2023.

Bursakota.co.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sekali lagi menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Pada tahun ini, Pemprov Kepri berhasil meraih penghargaan Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) terbaik kedua secara nasional untuk kategori Pemerintah Provinsi.

Penghargaan prestisius ini diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2023 dengan tema “Transformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju,” yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa, 7 November 2023.

Penilaian ITKP mencakup sejumlah indikator yang mencakup pemanfaatan sistem pengadaan, seperti SiRUP, e-Tendering, e-Purchasing, e-Kontrak, Non E-Tendering, dan Non e-Purchasing.

Selain itu, penilaian juga melibatkan evaluasi kualifikasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa serta tingkat kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

Hasil dari penilaian ini menunjukkan bahwa Pemprov Kepri meraih total 90,11 poin, hanya terpaut 0,1 poin dari Provinsi Kalimantan Selatan yang meraih 90,21 poin.

Capaian Pemprov Kepri juga mengalami peningkatan signifikan sebesar lebih dari 5 poin dibanding tahun sebelumnya, di mana mereka mencapai 85 poin.

Sementara itu, Provinsi Bali, yang sebelumnya berada di posisi teratas, kini menduduki peringkat ketiga.

Piagam penghargaan secara langsung diserahkan oleh Kepala LKPP, Hendrar Prihadi, kepada Kepala Biro Pengadaan Barang Jasa Provinsi Kepri, Azwandi, dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah pejabat dan praktisi pengadaan dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Azwandi, yang mewakili Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk tim pengadaan di lingkungan Pemprov Kepri, atas upaya keras dan komitmen mereka.

Azwandi menyatakan, “Pertahankan pencapaian ini lebih sulit daripada meraihnya. Namun, dengan semangat pantang menyerah dan etos kerja yang kuat, kita berhasil bersama-sama mempertahankan capaian ini, bahkan meningkatkan poin penilaian secara signifikan dibanding tahun sebelumnya dalam ITKP.”

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemprov Kepri telah menjalankan prinsip-prinsip pengadaan yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan adil. Pengadaan barang dan jasa pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan dan pelayanan publik.

Azwandi menambahkan, sesuai arahan Gubernur, Pemprov Kepri berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Keberhasilan ini merupakan langkah positif menuju pembangunan yang lebih baik dan pelayanan publik yang lebih baik di Provinsi Kepulauan Riau,”sebutnya.

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini