1664 Rumah MBR di Kecamatan Bunguran Barat Dapat Bantuan SR 

0
79
Suasana acara penetapan calon penerima Bantuan SR di Gedung Serbaguna Kecamatan Bunguran Barat

Bursakota.co.id, Natuna – Peningkatan akses air bersih turut berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Upaya meningkatkan jumlah masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah atau MBR mendapatkan pelayanan air bersih perpipaan terus dilakukan oleh Pemerintah.

Pemerintah terus berupaya mengatasi permasalahan yang dihadapi MBR mendapatkan akses air bersih perpipaan PDAM akibat biaya pemasangan sambungan baru yang tidak terjangkau.

Dalam pemenuhan pasokan air bersih bagi masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Nusa memberikan bantuan Sambungan Rumah (SR) dan meteran Air Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) bagi 1.664 warga Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.

Bantuan akan diberikan kepada warga dengan kriteria Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang telah didata oleh pihak kecamatan dengan melibatkan Lurah, RW dan RT setempat.

Hal ini seperti disampaikan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Nusa, Zaharuddin pada acara penetapan calon penerima sambungan rumah dan meteran air SPAM di Gedung Serbaguna Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna pada Kamis (26/10/2023).

Menurut Zaharuddin, sebelum bantuan diserahkan pihak PDAM akan melakukan finalisasi data bersama aparat setempat agar lebih akurat dan tepat sasaran.

“Tadi kami melakukan pertemuan dengan warga masyarakat yang berkategori berpenghasilan rendah guna mengecek data para penerima bantuan agar benar-benar tepat sasaran,” imbuhnya.

Zaharudin menambahkan, Sambungan Rumah (SR) di wilayah Sedanau dipasang secara gratis,340 SR yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan 1.076 SR dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Natuna.

“jadi totalnya ada 1.664 SR, anggarannya tergabung dengan anggaran pembangunan SPAM sebesar 16 Milyar,” papar Zaharuddin.

Zaharuddin berharap dengan terpasangnya SR dan Meteran Air SPAM di Sedanau akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini