Semarak HUT Kemerdekaan RI ke 78, Desa Baran Menggelar Berbagai Macam Permainan Rakyat

0
124
Undangan senam sehat dan jalan santai bersama masyarakat di Desa Baran

Bursakota.co.id, Lingga – Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Perayaan itu dilakukan oleh semua pihak, baik di instansi pemerintahan, perusahaan, juga di pendidikan.

Di sekolah-sekolah maupun di berbagai Desa. Perayaan HUT RI menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat indonesia. Kemeriahan begitu terasa setiap kali mendekati masa masa tujuh belasan.

Menjelang 17 Agustus, desa desa sudah berhias, dekorasi khas kemerdekaan dipasang di sekeliling jalan seperti umbul-umbul merah putih, bendera-bendera kecil dan lainnya. Selain itu dimeriahkan dengan perlombaan- perlombaan untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Sama halnya yang di lakukan oleh Masyarakat Desa Baran, Kecamatan Senayang , Kabupaten Lingga. Untuk memperingati HUT RI Ke-78. Desa Baran mengadakan berbagai lomba yang dimulai dari tgl 17-Sampai tgl 20 Agustus 2023 Lomba lomba tersebut meliputi :

1. Senam bersama, jalan santai dan kupon berhadiah

2. Lomba Karaoke

3. Futsal Putra Orang Tua

4. Panjat Pinang

5. Lomba Sampan dan hiburan.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Pemdes Baran, kegiatan ini juga di bantu oleh masyarakat Desa Baran.

Kades Baran, Indra Gunawan menjelaskan, hampir setiap tahun warga masyarakat Desa Baran untuk menyambut Hari Kemerdekaan ini, yakni salah satunya dengan berbagai macam perlombaan, kegiatan Perlombaan Tujuh belasan tersebut juga untuk menumbuhkan semangat dan partisipasi masyarakat dalam mengartikan makna dari Perjuangan para Pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Ia mengatakan, acara HUT RI ke 78 ini adalah agenda tahunan yg melibatkan para pelaku usaha, pemuda dan seluruh elemen masyarakat. Dalam moment ini adalah ajang silahturahmi agar tercipta suasana sejuk, damai dan kompak.

Selaku kepala Desa Baran ia mengaku Momen kemerdekaan inilah yang selalu ditunggu-tunggu. Suasana kompetisi antar Dusun dan RT selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan HUT RI. Dari masa ke masa, lomba Tujuh belasan selalu menyemarakkan suasana Desa Baran

“Alasan Utama selain menjadi hiburan tersendiri, diadakannya perlombaan tersebut juga menjadi salah satu ajang silaturahim antar warga dan terhindar dari pengaruh narkoba yg kondisinya cukup memprihatinkan dan menghilangkan sekat sekat antar Dusun dan RT-RT yang sering menimbulkan persekutuan sesama warga, serta menjaga keutuhan kekeluargaan sesama masyarakat Khususnya Desa Baran,” pungkasnya. (Bk/Iwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini