UPT Sosial Kemensos dan Sentra Abiseka Pekanbaru Rujuk Lansia yang Hidup Sebatang Kara di Anambas

0
73
Ket Foto : Amir Husein pria lanjut usia (Lansia) warga Dusun Luap, Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau dirujuk ke Sentra Abiseka Pekanbaru.

Bursakota.co.id, Anambas – Amir Husein pria lanjut usia (Lansia) warga Dusun Luap, Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau dirujuk ke Sentra Abiseka Pekanbaru.

Lansia berusia 72 tahun itu langsung dibawa oleh UPT Sosial Kemensos dan Sentra Abiseka Pekanbaru yang didampingi Dinsos Anambas.

Menetap di Anambas selama 30 tahun, Amir hidup sebatang kara tanpa keluarga dan sanak saudara di gubuk rumahnya seluas 3×3 meter yang sudah darurat.

Pemindahan kakek Amir, dibenarkan lansung oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Anambas, Usman.

Dirinya menyebutkan, Amir dirujuk ke Sentra Abiseka Pekanbaru oleh tim UPT Sosial Kemensos pada Rabu (12/4/2023) lalu dengan menggunakan pesawat dari Bandara Letung.

“UPT Sosial Kemensos dan Sentra Abiseka sebelumnya tiba di sini hari Sabtu (8/4/2023) melakukan observasi dan membuat laporan untuk membawa Amir,” ucapnya, Senin (17/04/2023).

Usman menjelaskan, hasil observasi Amir dirujuk ke Sentra Abiseka Pekanbaru guna mendapatkan tempat tinggal dan penghidupan yang layak.

“Hasil observasi tim Kemensos itu sudah disampaikan ke pimpinannya. Keputusannya, pak Amir sudah selayaknya diberi tempat yang layak karena usianya yang lansia dan kondisinya yang kurang sehat,” terangnya.

Menurutnya, dengan rujukan Amir ke Sentra Abiseka Pekanbaru akan berdampak baik, karena didukung tempat yang layak dan layanan pemenuhan sandang pangan.

“Umur beliau kan sudah lansia, di sana nanti bisa fokus beribadah. Jika sakit nantinya bisa mendapat perawatan medis dan kalau jenuh di sana juga ada fasilitas penunjang produktivitasnya sehari-hari,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan dirujuk ke Pekanbaru akan semakin mempermudah pihak Sentra Abiseka mencari keluarga atau kerabat Amir. Karena Amir sendiri mengaku perantau yang berasal dari Riau.

“Pak Amir itu asli orang Riau. Anggota Sentra Abiseka nanti juga akan mencari keluarganya karena sudah dekat dengan Pekanbaru,” tutur Usman. (Bk/Jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini