Gerak Cepat Kadis Perkimtan Natuna, Selesai Permasalahan Temuan BPK

0
431
Kepala Dinas Perkimtan Natuna, Hendra Kusuma (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Natuna bergerak cepat menyelesaikan permasalahan temuan BPK terkait belanja jasa Konsultansi.

Sebagai mana diketahui, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) membelanjakan Jasa Konsultansi pada Dinas PUPR diantaranya merupakan jasa perencanaan dan pengawasan untuk pekerjaan konstruksi berupa kegiatan pembangunan atau pemeliharaan jalan atau jembatan.

Pelaksanaan jasa konsultansi dilakukan oleh badan usaha, Pemilihan penyedia jasa dilakukan melalui metode pengadaan langsung untuk nilai kontrak paling tinggi Rp50.000.000,00. Adapun komponen jasa konsultansi terdiri dari biaya langsung personil, biaya langsung non personil, dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Hasil perhitungan terhadap jadwal penugasan personil yang tercantum dalam kontrak dan invoice, diketahui bahwa terdapat pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pengawasan oleh personil konsultan yang beriringan dengan waktu penugasan antara kontrak satu dengan lainnya, sehingga jadi temuan BPK.

Saat dikonfirmasi terkait permasalahan belanja jasa konsultansi ini, Kepala Dinas Perkimtan Natuna, Hendra Kusuma menjelaskan, yang menjadi temuan BPK terkait dengan pengunaan tenaga ahli pada pihak ketiga karena tumpang tindih hari penugasan.

“Yang menjadi temuan BPK merupakan pengunaan tenaga ahli pada pihak ketiga, rupanya dalam pengunaan tenaga ahli ini tidak boleh overlap, tenaga ahli yang sudah ada di dalam kegiatan tidak diperbolehkan untuk dipergunakan pada kegiatan lain, sehingga terjadi tumpang tindih hari penugasan, tumpang tindih hari penugasan ini terjadinya kelebihan pembayaran dan jadi temuan BPK,” terang Hendra Kusuma Senin 04/07 di ruang kerjanya.

Herdra Kusuma juga menegaskan, temuan BPK ini telah di tindak lanjuti proses pengembalian pun sudah selesai dilakukan.

“Ketika LHP ini keluar saya langsung surati pihak terkait, alhamdulilah respon dari teman-teman sangat cepat sehingga pengembaliannya cepat terselesaikan,” lugasnya.(Bk/Dodi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini